Pages

Sunday 21 October 2012

TUGAS 2 PEMROGRAMAN VISUAL


Jawaban Soal No 3 Latihan 1 Variabel Constanta Type Data

A.      Apa yang menyebabkan program error pada btalamat1_click baris progam alamat = "kuningan" ?
JAWAB :
Karena pada btalamat1 pendeklarasian pengenalnya menggunakan konstanta. Sedangkan konstanta digunakan untuk menyimpan data dan nilainya tidak dapat berubah-ubah pada saat program dijalankan. Dan yang membuat error adalah pendeklarasian konstanta yang tidak benar.
const alamat = " kuningan" seharusnya const alamat As String = "kuningan"

B.      Kenapa saat ditekan nama1 dan nama2 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedaangkan saat ditekan tombol alamat1 dan alamat2 alamat yang ditampilkan pada textbox alamat sama ?
JAWAB :
Pada contoh program latihan 1, pendeklarasian nama variabel (alamat) menggunakan konstanta yang letaknya di class, bukan pada parameter. Jika pendeklarasian diletakkan pada btalamat1, maka btalamat2 yang akan keluar adalah purwokerto, bukan kuningan. karena disini dibuat modul yang fungsinya menghubungkan antar program.

C.      Kenapa saat ditekan tombol tambah umur 1 umur selalu keluar angka 1 sedangkan saat ditekan tombol tambah alamat 2 umur selalu bertambah 1 dari umur sebelumnya ?
JAWAB :
Karena pada tambah umur1 variabelnya menggunakan DIM, DIM adalah variabel lokal. Berapa kalipun kita menekan tambah umur 1, yang keluar adalah 1, karena nilainya tetap.
Beda dengan tambah umur 2 variabelnya menggunakan STATIC, Nilai tidak akan hilang selama program dijalankan, dan jika kita menekan tambah umur 2 bilangannya akan selalu bertambah satu.

D.      Berikan analisa anda untuk form dua ?
JAWAB :
·         Analisa saya, Form 2 sepenuhnya mengambil data pada module, artinya pendeklarasian pada form 2 terjadi di module. Jadi semua program yang tidak ada pendeklarasian pada parameter, akan mengacu pada module atau yang dirunning adalah module.


Analisa Kelemahan Program Pada Latihan 2 If dan Case 

·           Tampilan form masih bisa di MAXIMIZE, sebaiknya MaximizeBox dinonaktifkan. Cara menonaktifkannya berada di kolom properties pada MaximizeBox yang masih True diganti False.
Menjadi

·           Start position form pada saat pertama kali dirunning atau dijalankan masih default berada dikiri layar sebaiknya saat dirunning berada ditengah layar atau CenterScreen. Cara merubahnya adalah merubah StartPosition pada kolom Properties menjadi CenterScreen.


Setelah StartPosition diganti menjadi CenterPosition


·           Tampilan form masih sederhana background tidak mendukung aplikasi sebaiknya diberi gambar latar belakang / background yang mendukung aplikasi. Misal :

Cara mengganti background image adalah klik form lalu pilih backgroundimage pada kolom properties, lalu ganti background image sesuai dengan keinginan kita.

·           Saat aplikasi dijalankan saat kita sudah mengisi atribut, Kode Barang = “SPT”, Jumlah Barang = 5 Cara Beli = Tunai, maka semua atribut akan terisi, tetapi ketika kode barang diganti tanpa menekan button “Clear” atribut “Jumlah Barang”, “Total Harga”, “Diskon”, dan “Total Bayar” tidak berubah.


Cara membetulkannya adalah dengan merubah coding nya. Gambar coding pembetulan sebagai berikut :

Setelah dibetulkan maka aplikasi sudah betul, tampilannya sebagai berikut :

Sekian hasil jawaban tugas 2 latihan 1 dan latihan 2 dari saya. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment